Menjaga Konsistensi itu Tidak Gampang

Masih ingat dengan proyek #365screenshots saya?

Saat memulai proyek ini sebenarnya niat saya cuma pengen ikut ngeramein proyek #365shots yang sedang gencar-gencarnya waktu itu. Tapi saya melupakan satu hal, saya lupa bahwa dengan membuat proyek ini saya lalu terikat dengan sebuah komitmen untuk selalu konsisten mengupdate screenshots setiap hari.

Bicara masalah konsistensi, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari niat, kesempatan, dan tentu saja sarana yang memadai. Gangguan tentu saja tak kalah banyak, mulai dari kemalasan, hilangnya ide, faktor teknis (mati listrik, koneksi internet tiba-tiba hilang dsb) dan juga faktor non-teknis semisal tiba-tiba kita sakit dan berbagai gangguan lainnya.

Kembali lagi ke proyek #365sreenshots. Sejak saya memulainya tanggal 23 Januari silam sampai akhir Maret saya hanya berhasil membuat screenshots sebanyak 60 kali. Bolong 8 kali karena seharusnya sampai akhir Maret kemarin harusnya sudah 68 kali *kalau gak salah :P*.

Memang sih tidak ada yang menyalahkan kegagalan saya itu. Tapi dari kasus ini ada pelajaran berharga yang bisa saya ambil. Menjaga konsistensi itu tidak gampang, apalagi untuk jangka waktu yang lama.

Saya masih punya waktu 297 hari lagi untuk membuktikan konsistensi saya. Semoga saja saya bisa!

