Tulislah Idemu sebelum hilang ditelan waktu

Seberapa sering anda kehilangan ide saat menulis, khususnya di blog. Kalau saya sih, jujur aja, sering banget. Entah itu karena lupa, atau terlalu lama disimpan di otak sehingga menjadi basi, atau karena terlalu banyak menumpuk di kepala sehingga hilang dengan sendirinya.

Apakah anda kecewa kalau ide itu hilang? saya sih iya. Ibaratnya, makanan lezat udah tersedia di meja dan siap untuk disantap, tau-tau basi karena kita lupa memakannya.

Pernah suatu kali otak saya sedang berada di puncak kewarasannya. Ide di kepala penuh banget dan siap untuk dituangkan menjadi tulisan yang bermutu dan berkelas *lebay mode*. Tapi karena pekerjaan yang menggunung seperti gunungan sampah Bantar Gebang, akhirnya semua ide itu menguap dari kepala saya :(. Menyedihkan dan mengecewakan banget deh pokoknya.

Dari kasus itu, saya akhirnya memperoleh pelajaran yang sangat berharga. Simpanlah idemu walau cuma secuil atau satu gram.

Ide bisa datang darimana saja dan kapan saja, oleh karena itu lebih baik kita bersiap-siap menyimpannya. Sekarang saya sebisa mungkin selalu menuliskan ide yang muncul secara tak terduga itu. Entah di Google Docs, di buku catatan, atau bahkan kadang cuma di ponsel. Yang penting ide itu tidak hilang. Apalagi saya ini, kata orang-orang di sekitar saya, orangnya pelupa :D.

Jadi biar sodara-sodara yang saya cintai ini tidak mengalami nasib buruk seperti saya dulu, sebaiknya mulai sekarang dibiasakan untuk menyimpan ide-ide yang muncul dari kepala sodara. Terserah mau dimana menyimpannya, yang penting disimpan, jangan dibiarkan terserak seperti sampah.

Saya rasa cukup sekian maklumat dari saya hari ini. Kalau berkenan mohon dibookmark, atau boleh juga dikopas :D. Selamat malam.

