Blog tanpa hak cipta

Kebanyakan blog, bahkan hampir semua blog, biasanya memasang disclaimer tentang hak cipta atau copyright konten blognya. Entah itu berupa tulisan seperti : “dilarang mengutip tanpa mencantumkan sumber”, “jangan asal copy paste”, “blog juga hasil karya cipta” ataupun sekadar logo ©. Maka terdengar aneh bila seorang narablog memutuskan untuk membebaskan karyanya tanpa hak cipta, yang berarti bebas di-copy paste tanpa harus meminta ijin dari yang punya karya.

Ya, saya memutuskan untuk menghapus hak cipta atau copyright dari blog ini. Anda mungkin bingung dengan keputusan aneh saya ini. Oke mari lihat penjelasan saya berikut ini.

Saya adalah seorang narablog dan juga seorang netizen yang cukup aktif. Dan saya terbiasa melanggar hak cipta orang. Contohnya: saya terbiasa mengunduh lagu secara gratis di internet, berarti saya telah melanggar hak cipta dari sang pencipta lagu tersebut. Saya terbiasa mengunduh perangkat lunak berbayar secara ilegal, saya juga melanggar hak cipta perusahaan pembuat perangkat lunak tersebut.

Maka rasanya saya terlalu egois jika tulisan saya di blog ini harus saya beri embel-embel “Copyright, all right reserved” sementara saya juga terbiasa melanggar hak cipta pihak lain. Apalagi pihak yang saya langgar hak ciptanya tak hanya rugi secara moral, tetapi juga merugikan secara materiil *mulai formal bahasanya nih*.

Jadi mulai hari ini, 22 Februari 2010, blog ini secara resmi, sah dan meyakinkan *halah*, sudah tidak mempunyai hak cipta lagi. Maka dengan ini pula saya nyataken “SIAPA AJA BOLEH COPY PASTE KONTEN BLOG INI TANPA HARUS MENCANTUMKAN SUMBERNYA, MEMBERI TRACKBACK ATAU MEMINTA IZIN KEPADA SAYA” *emang siapa yang mau ngopas tulisan kamu, tulisan jelek gini :P*.

Demikian maklumat saya hari ini. Khalayak ramai diharap maklum adanya. Sekian, terima Kasih.

© gambar http://www.dharmascience.net/copyright.html

Iklan