Evaluasi

Bulan ini, setahun sudah saya ngeblog. Ya…ya…ya… saya masih bau kencur di dunia blogosfer yang riuh ramai dengan kata-kata ini.

Teman saya pernah mengatakan bahwa waktu satu tahun itu dibagi dalam 3 periode waktu.

Periode pertama adalah masa berbulan madu. Artinya seseorang sedang mengalami masa-masa yang menyenangkan, tertarik untuk mengeksplorasi hal-hal baru ditemukan di dunianya. Begitu juga saya, 4 bulan pertama ngeblog merupakan masa-masa yang menyenangkan. Berkenalan dengan narablog-narablog lain, saling mengunjungi blog teman, berbagi komentar di blog sungguh merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi saya.

Kemudian periode kedua, periode dimana segala sesuatu yang dulu sangat menyenangkan mulai berubah menjadi sebuah rutinitas yang monoton. Selama periode ini intensitas saya menulis, blog walking dan menyapa blog-blog teman mulai berkurang. Tetapi selama periode waktu kedua ini saya juga menemukan hal-hal lain yang sebelumnya tidak saya kenal.

4 bulan kedua dalam karier ngeblog saya *halah*, saya menemukan “mainan” baru yang sangat mengasyikkan. Saya mulai mengenal custom domain, menginstal CMS wordpress, sampai mendesain theme sendiri. Saya akui kalau hal ini sangat menyenangkan.

Lalu sampailah periode terakhir yang kata teman saya adalah masa “dimana kehancuran dimulai”. Ya, periode terakhir ini adalah masa-masa kehancuran ngeblog saya, lebih tepatnya semangat ngeblog. Yang pertama adalah matinya blog saya yang lama, yang terus terang saya “bunuh” tanpa alasan yang jelas dan kuat. Bukan hanya satu blog, tetapi dua blog sekaligus saya hapus. Sekarang saya akui bahwa keputusan itu bukanlah keputusan yang baik. Untunglah semangat ngeblog saya tidak ikut terbunuh.

Setelah sekitar setengah bulan saya hidup bebas tanpa ngeblog, dengan berbekal sedikit semangat yang masih tersisa, saya pun mulai membangun dari awal karier ngeblog saya dengan membuat blog ini.

Dan akhirnya, sekarang saya sudah melewati tahun pertama saya. Kalau diibaratkan anak kecil, saya sudah bisa berjalan bahkan mungkin berlari :D. Semoga sampai setahun kedepan, oh bukan cuma setahun, kalau bisa sampai 10 tahun ke depan, saya tetap dalam periode pertama terus. Dengan kata lain, semangat ngeblog tak pernah kendur, semangat belajar terus meningkat, dan saya bisa menjadi blogger sampai mati *lebay mode:on*.

