5 tahun

Tak terasa 5 tahun sudah kakek meninggalkan kami sekeluarga. Bukan waktu yang singkat memang, apalagi bagi saya, cucu kesayangannya.

Pagi itu, kakek masih memberi uang saku bagi saya. Sejak dulu ia memang selalu memberi uang saku tambahan, meskipun orangtua saya sudah memberinya. Tapi tumben waktu itu kakek tak mengucapkan sepatah katapun. Dia hanya tersenyum saat saya memberi salam kepadanya. Ternyata itulah senyuman terakhir yang saya lihat karena saat saya pulang sekolah ambulans datang membawa jenazahnya dari rumah sakit.

Kini, setelah lima tahun kepergiannya, saya masih sering mengingatnya, walau bayangan wajah teduhnya makin samar tergambar di benak saya. Saya kangen senyumannya, petuah bijaknya setiap pagi sambil memberi uang saku. Selamat jalan kek, semoga engkau damai di pangkuan-NYA

